Laporan Penyelenggaraan Workshop Penyusunan Proposal Hibah Penelitian Bidang Arsitektur

Laporan Penyelenggaraan Workshop Penyusunan Proposal Hibah Penelitian Bidang Arsitektur

Kegiatan penelitian merupakan salah satu kegiatan dari Tridarma Perguruan Tinggi yang menjadi salah satu barometer kinerja perguruan tinggi, dan sekaligus  merupakan bagian dari penilaian kinerja perguruan tinggi dalam proses akreditasi BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Pergutuan Tinggi). Namun demikian, kegiatan penelitian ini seringkali menjadi kegiatan yang kurang mendapatkan perhatian yang memadai karena berbagai alasan dan kondisi yang dihadapi perguruan tinggi yang bersangkutan.

APTARI sebagai asosiasi yang menaungi pendidikan tinggi arsitektur di Indonesia pada tanngaal 9 November 2011 menyelenggarakan kegiatan Workshop Penyusunan Proposal Hibah Penelitian Bidang Arsitektur. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para staf pengajar dari perguruan tinggi anggota APTARI dalam bidang penelitian, terutama pada tahap penyusunan proposal  penelitian. Pada jangka panjang, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi perguruan tinggi yang bersangkutan dalam peningkatan kegiatan penelitian, terutama penelitian yang memanfaatkan dana hibah penelitian dari berbagai institusi.

Peserta workshop adalah staf pengajar jurusan arsitektur dari perguruan tinggi anggota APTARI. Setiap perguruan tinggi diharapkan dapat mengirimkan peserta minmal  1 orang.  Kegiatan worksop ini dipandu oleh para fasilitator yang berkompeten dalam kegiatan penelitian, khususnya dalam penelitian arsitektur,  yakni:

  • Indra Budiman Syamwil, Ir, MSc, PhD. (ITB, Reviewer  Penelitian ITB)
  • Yoyok W. Subroto, Ir. MEng, PhD. (UGM, Reviewer Penelitian Hibah DP2M Dikti)
  • Mohammad Ali Berawi, Ir. MEng, PhD. (UI, Peneliti Terbaik, Editor International Journal of Technology)

PERSIAPAN PENGURUS

Kegiatan Workshop Penyusunan Proposal Hibah Penelitian Bidang Arsitektur ini sudah direncanakan secara matang oleh pengurus APTARI dengan mengadakan beberapa kali pertemuan di Bandung dan Jakarta.  Mendekati pelaksanaan kegiatan tersebut semakin terlihat kesibukan pengurus untuk mempersiapkan semua kebutuhan baik materi,starter kit, transportasi, akomodasi, peralatan, ruang kegiatan, konsumsi dan semua perlengkapan. Kegiatan Workshop akan diselenggarakan selama 1 (satu) hari, pada Rabu 9 Nopember 2011 pukul 08:00-18:00 bertempat di lt 4 Prodi Arsitektur Universitas Pancasila. Pada hari Selasa 8 November 2011 sudah terlihat puncak kesibukan di Universitas Pancasila Jurusan Teknik Arsitek untuk persiapan acara Workshop diantaranya Ir. Atiek Untarti, M.Ars sebagai bendahara APTARI (Universitas Pancasila) dan Reni Ambarwati, ST, MT sebagai Humas (STT Malang) yang dibantu oleh seluruh dosen dan staf di jurusan Teknik Arsitektur Universitas Pancasila. Kegiatan dan kesibukan ini juga selalu terkoordinasi dengan baik pada setiap waktu dengan Dr. Kemas Ridwan Kurniawan, M.Sc sebagai Ketua APTARI (Universitas Indonesia), Ir. Ari Widyati Purwantiasning, MATRP, sebagai Sekretaris (Universitas Muhammadiyah Jakarta), Dr.-Ing.Ir. Heru W Poerbo, MURP (ITB) sebagai Ka. Bidang Ka. Bidang Akademik APTARI dan Dr. Ir. Agus Saladin, MA (Trisakti) sebagai Ka. Bidang Kerjasama APTARI

Persiapan Di Universitas Pancasila , Selasa 8 November 2011


KEGIATAN WORKSHOP PENYUSUNAN  PROPOSAL HIBAH PENELITIAN BIDANG ARSITEKTUR

9 NOPEMBER 2011 di Universitas Pancasila

Ruang Multimedia dan AULA LT. IV Gedung FAKULTAS TEKNIK

Kegiatan Workshop Penyusunan Proposal Hibah Penelitian Bidang Arsitektur, yang dilaksanakan Rabu tanggal 9 November 2011 dihadiri oleh anggota APTARI dan dari beberapa perguruan tinggi di Indonesia. Persiapan kegitan pada hari tersebut sudah dimulai dini hari yaitu diantaranya menjemput narasumber di Bandara Cengkareng. Di Universitas Pancasila untuk mempersiapkan acara sudah dimulai sejak pukul 07.30 WIB, yaitu dengan persiapan her registrasi dan panyambutan Wakil Rektor Bidang Pendidikan Universitas Pancasila.

Persiapan  Kegiatan Workshop, Rabu 9 November 2011 di Jurusan Teknik Arsitektur Universitas Pancasila

Acara Wrokshop dimulai pada pukul 09.00WIB, dibuka oleh MC Reni Ambarwati dengan susunan acara sebagai berkut :

08.00 – 09.00 Pendaftaran Pesrta
09.00 – 09.30 PEMBUKAAN:
1. Sambutan oleh Ketua Umum APTARI
2. Sambutan oleh Wakil Rektor Universitas Pancasila
09.30 – 10.00 Rehat Kopi
10.00 – 10.45 Mohammad Ali Berawi, Ir. MEng, PhD (Universitas Indonesia) Topik: Kiat dan Strategi Penyusunan Proposal Hibah
10.45 – 11.30 Indra Budiman Syamwil, Ir, MSc, PhD (Institut Teknologi Bandung)
11.30 – 12.15 Yoyok W. Subroto, Ir. MEng, PhD (Universitas Gadjah Mada)

12.15 – 13.15 ISHOMA
13.15 – 16.00 Diskusi (Paralel) contoh proposal peserta, dipimpin oleh Fasilitator
16.00 – 16.30 Rehat Kopi
16.30 – 17.30 Pembahasan Pleno
17.30 – 18.00 Penutupan

Sambutan Ketua Umum APTARI Dr. Kemas Ridwan Kurniawan, M.Sc, diantaranya menjelaskan tentang beberapa kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh APTARI yang berkaitan dengan Agenda APTARI sudah berjalan dengan baik. Kegiatan Workshop pada hari  Rabu tanggal 9 November 2011 akan dilanjutkan kegiatan Sarasehan pada esok harinya di Universitas Indonesia adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh APTARI pertama kali secara mandiri. Diharapkan dari seluruh rangkaian kegiatan ini bisa bermanfaat bagi seluruh anggota APTARI dan kemajuan Pendidikan Arsitektur Indonesia. Dilanjutkan sambutan Wakil Rektor Bidang Pendidikan Universitas Pancasila Ir. Soeharso, MSc., diantaranya Beliau menyampaikan pesan dari Bapak Rektor bahwa Universitas Pancasila yang menyambut baik kegiatan positif ini dan diharapkan di masa mendatang akan ada kegiatan – kegiatan lain yang bisa membawa kemajuan Pendidikan Arsitektur di era globalisasi. Beliau menambahkan bahwa keuntungan Prodi Arsitek Fakultas Teknik Universitas Pancasila menjadi anggota APTARI diantaranya adalah bisa bekerjasama dengan anggota APTARI yang lain yaitu salah satunya adalah kerjasama dengan Institut Teknologi Bandung. Kerjasama Prodi ARS FTUP dengan ITB yaitu Joint Studio yang sudah dilaksanakan selama dua semester, diharapkan dari joint studio akan menambah wawasan bagi mahasiswa dalam kegiatan Perencanaan dan Perancangan. Workshop yang diselenggarakan APTARI juga diharapkan bisa menarik minat para Dosen untuk kegiatan penelitian serta harapan kedepannya adalah APTARI lebih giat lagi mengadakan yang mendukung Perguruan Tinggi Swasta untuk berjalan beriringan dengan Perguruan Tinggi Negeri, untuk itu Universitas Pancasila membuka diri apabila diperlukan sebagai tempat penyelenggaraan ataupun sebagai bentuk kerjasama. Di akhir sambutan, Bapak Wakil Rektor menyatakan acara Workshop resmi “Dibuka” kemudian dilanjutkan acara foto bersama dan coffe break.

Tepat pukul 10.00WIB, acara Workshop dimulai lagi di ruang multimedia, yaitu materi yang akan disampaikan oleh tiga narasumber yaitu : Mohammad Ali Berawi, Ir. MEng, PhD (Universitas Indonesia); Indra Budiman Syamwil, Ir, MSc, PhD (Institut Teknologi Bandung); Yoyok W. Subroto, Ir. MEng, PhD (Universitas Gadjah Mada). (Semua materi yang disampaikan oleh para narasumber kami sajikan pada WEB ini, bagi yang ingin mengunduh materi tersebut bisa didownload oleh seluruh anggota APTARI). Acara tersebut dilanjutkan dengan tanya jawab dengan para peserta yang langsung ditanggapi dengan baik oleh para narasumber. Waktu yang terbatas, acara Tanya jawab diakhiri sesuai jadwal, sebelum acara ISHOMA, Ketua Umum APTARI memberikan piagam Penghargaan kepada para Narasumber sebagai ucapan terimakasih atas partisipasinya pada acara tersebut.

Sesuai dengan Susunan Acara, acara Workshop dilaksanakan setelah ishoma dengan ruangan yang berbeda agar para peserta bisa mengikuti acara ini dengan lebih baik. Kami membagi seluruh peserta untuk menempati dua ruangan yang sudah disediakan dengan didampingi dua fasilitator. Ruang pertama dengan fasilitator Yoyok W. Subroto, Ir. MEng, PhD. dan Dr.-Ing.Ir. Heru W Poerbo, MURP; sedangkan di ruangan yang ke dua dengan Fasilitator Mohammad Ali Berawi, Ir. MEng, PhD. dan Indra Budiman Syamwil, Ir, MSc, PhD. Dua ruangan tersebut terisi penuh oleh seluruh peserta.  Pokok bahasan pada hari itu  bagaimana membuat suatu penelitian yang mempunyai karakter, mempunyai nilai lebih baik dan benar. Apa itu research? Penelitian adalah sebuah proses critical investigation terhadap sebuah masalah yang diharapkan ada outputnya terhadap masalah tersebut. Para peserta mencoba mengajukan beberapa draft proposal penelitiannya yang diajukan ke Fasilitator, yang diharapkan proposal tersebut bisa menemukan jawaban permasalahannya dengan didiskusikan bersama.

Tepat dengan jadwal, acara Workshop berakhir dilanjutkan para peserta untuk Rehat Kopi sejenak dengan waktu kurang lebih 30 menit. Setelah itu semua peserta kembali memasuki Ruang Multimedia beserta para fasilitator untuk Pembahasan Pleno, yang mana pada pembahasan tersebut terjadi dialog baik pendapat, kesan, pesan dan tanya jawab antara peserta dengan Fasilitator. Pembahasan tersebut diantaranya peserta sedikit banyak sudah mengetahui kekurangan dalam penyajian penelitian dan menyarankan agar setelah workshop ini ada kegiatan APTARI yang merupakan tindak lanjut dari kegiatan workshop tersebut.  Acara ini selesai dengan tepat waktu, diakhiri dengan Penyerahan Piagam Penghargaan kepada para Fasilitator dan foto bersama. Para Pengurus APTARI seusai acara tersebut masih sibuk untuk mempersiapkan acara Sarasehan yang akan dilaksanakan keesokan harinya di Kampus Universitas Indonesia.

Download Materi Workshop

Materi Pak Ali Berawi UI

  1. Materi PDF
  2. Materi PPT

Materi Pak Indra ITB

  1. Materi PDF
  2. Materi PPT

Materi Pak Yoyok UGM

  1. CV Yoyok
  2. Materi 1
  3. Materi 2





banner ad

Comments are closed.

© Copyright Asosiasi Pendidikan Tinggi Arsitektur Indonesia 2008. All rights reserved.